Berita Komputer di Dunia Saat Ini – Top5optimizers

Top5optimizers.com Situs Kumpulan Berita Komputer di Dunia Saat Ini

Panduan Dalam Nama Virus Komputer

Panduan Dalam Nama Virus Komputer – Mulai dari virus yang menyamar sebagai surat cinta, hingga pertempuran cacing, inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang virus komputer paling terkenal di dunia, di mana dan bagaimana virus itu dapat ditangkap, dan bagaimana cara menghindarinya.

Internet dipenuhi dengan berbagai jenis virus. Saat Anda membaca ini, 970 juta keping malware beredar di web, siap menerkam. Bahkan ketika Anda dilindungi dengan perangkat lunak antivirus, masih ada kemungkinan sistem dan data pribadi Anda rusak. Tetapi mengetahui virus komputer yang paling merusak dan rumit dalam sejarah dapat membantu Anda menghindarinya.

Peretas tak perlu menemukan kembali roda setiap saat dan menggunakan praktik terbaik dari rekan mereka yang sukses. Berikut ini adalah beberapa virus komputer terkenal sepanjang masa. http://poker99.sg-host.com/

1. Morris Worm

Panduan Dalam Nama Virus Komputer

Mari kita mulai perjalanan kita dengan Morris Worm atau “Great Worm”, yang diyakini sebagai pelopor di antara worm komputer yang didistribusikan melalui internet. Dibuat untuk menyoroti kelemahan keamanan dalam sistem Unix, pendirinya Robert Morris, membuat kesalahan fatal yang mengubah worm dari perangkat lunak yang berpotensi tidak berbahaya menjadi mesin serangan denial-of-service (DDoS).

Worm seharusnya menanyakan apakah sudah ada salinan yang berjalan di komputer tetapi malah terus-menerus membuat salinan dirinya sendiri, memperlambat sistem. Akhirnya, itu menyebabkan crash dan membuat komputer sama sekali tidak berguna.

Diyakini bahwa Worm Morris menginfeksi sekitar 6.000 mesin Unix utama, menyebabkan kerusakan hingga sepuluh juta dolar AS.

2. Nimda

Worm, virus, dan Trojan horse semuanya menjadi satu terdengar seperti sesuatu yang keluar dari film horor. Tapi sebenarnya virus komputer yang dikenal sebagai Nimda (admin dieja terbalik) yang melanda internet pada tahun 2001. Dalam satu jam setelah dirilis, Nimda mencapai posisi teratas dari semua serangan yang dilaporkan. Tidak heran, karena worm menggunakan lima rute transmisi yang berbeda.

Meskipun target utamanya diyakini adalah Server internet yang menjalankan Windows NT dan 2000, Nimda juga memengaruhi PC pengguna biasa yang menjalankan Windows. Yang terakhir membantunya menyebar dengan cepat dan menyebabkan pemadaman jaringan yang besar.

3. ILOVEYOU

Romantis kedengarannya, virus ILOVEYOU bukanlah jenis hadiah yang ingin Anda terima di Hari Valentine.

Virus menggunakan email sebagai saluran transmisi, menyamar sebagai surat cinta dari salah satu kontak korbannya. Malware itu disembunyikan dalam lampiran yang disebut “LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.vbs”. Mengkliknya mengaktifkan skrip Visual Basic (bahasa pemrograman yang memungkinkan pemrogram untuk memodifikasi kode), dan worm mulai menimpa file acak di PC pengguna. Worm juga mengirimkan salinan dirinya ke semua kontak di buku alamat pengguna.

ILOVEYOU menginfeksi lebih dari sepuluh juta PC Windows. Serbuan tiba-tiba yang disebabkan oleh bug “love” ini menyebabkan Pentagon, Pemerintah Inggris, dan CIA untuk sepenuhnya mematikan sistem surat mereka.

4. SQL Slammer

Panduan Dalam Nama Virus Komputer

Pemadaman di layanan 911 di Seattle, crash layanan ATM Bank of America, dan pembatalan beberapa penerbangan Continental Airlines, ini hanyalah beberapa contoh dari kemampuan SQL Slammer (atau hanya Slammer). Itu dipicu pada 05:30 UTC pada 25 Januari 2003, menginfeksi server pertamanya. Setelah pekerjaan selesai, Slammer menyebar dengan cepat, menggandakan jumlah korban setiap beberapa detik, dan hanya sepuluh menit setelah dirilis di alam liar, jumlah komputer yang terinfeksi bertambah menjadi 75.000.

Slammer secara dramatis memperlambat lalu lintas internet di seluruh dunia, menjatuhkan beberapa sistem penting, menyebabkan kepanikan besar dan kerusakan lebih dari satu miliar dolar.

Lucunya, pelanggaran keamanan siber ini sebenarnya bisa dicegah dengan mudah. Worm mengeksploitasi bug di SQL Server Microsoft. Namun, patch yang mencegahnya telah dirilis enam bulan sebelum serangan, tetapi banyak organisasi mengabaikan atau tidak menerapkannya tepat waktu.

5. Stuxnet

Kekuatan penghancur virus komputer dapat menjadikannya senjata pemusnah digital massal, dan Stuxnet menjadi yang pertama. Tidak seperti virus atau malware lain pada waktu itu, Stuxnet dikembangkan oleh insinyur pemerintah AS dan Israel untuk mengganggu program nuklir Iran. Disebarkan melalui USB thumb drive, itu menargetkan sistem kontrol industri Siemens, menyebabkan sentrifugal gagal secara misterius dan hancur sendiri pada tingkat rekor.

Diyakini bahwa Stuxnet menginfeksi lebih dari 200.000 komputer dan merusak seperlima sentrifugal nuklir Iran. Para insinyur melakukan pekerjaan yang luar biasa. Mereka sangat berhati-hati untuk hanya mencapai target yang ditentukan, sehingga tidak membahayakan komputer yang tidak memenuhi konfigurasi yang diperlukan.

Pada tahun 2010, tahun kemunculannya, Stuxnet diyakini sebagai senjata siber tercanggih yang pernah digunakan. Ia berhasil menyelesaikan misinya dan menghambat kemajuan Iran dalam membangun senjata nuklir dalam beberapa tahun.

6. CryptoLocker

CryptoLocker tidak seperti virus komputer biasa yang menyebabkan kerusakan dan menyebar dengan sendirinya. Ini ransomware: sejenis malware yang menyandera file Anda, menahannya untuk tebusan. CryptoLocker menggunakan trojan yang menyamar sebagai file PDF yang disebarkan melalui lampiran email. Cukup mengejutkan, CryptoLocker tidak menyebabkan kerusakan pada komputer itu sendiri dan tidak muncul sampai enkripsi selesai. Jika Anda belum mencadangkan file Anda, satu-satunya cara untuk memulihkannya adalah dengan membayar uang tebusan.

Hanya 1,3% dari semua korban yang membayar uang tebusan. Tingkat rendah, bagaimanapun, tidak mencegah peretas di belakang CryptoLocker untuk berhasil memeras sekitar tiga juta dolar.

Johnni Simmmons

Back to top